Cara Membuat Zip Yang Mudah Bagi Pemula

Cara Membuat Zip Yang Mudah Bagi Pemula

lebiez.com – Bila pekerjaan Anda berhubungan dengan mengirimkan file dalam jumlah yang banyak dan beragam ke email, ada baikya Anda menggunakan zip. Hal ini akan memudahkan Anda memanage file sehingga semua akan tertata dengan baik dan tidak ada yang hilang. Cara membuat zip ini juga tidak sulit dan Anda akan lebih menghemat waktu saat melampirkannya ke email. 

Dengan menggunakan zip Anda bisa menghemat ruang penyimpanan di computer dan file termanage dengan baik. Di sisi lain zip juga dapat menjaga dokumen Anda agar tidak dilihat oleh sembarang orang. Anda tidak hanya bisa membuatnya melalui computer saja karena Anda dapat membuatnya juga lewat ponsel Android.  

Langkah Membuat Zip

  1. Menggunakan computer
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat folder
  3. Masukkan semua file yang ingin Anda arsipkan di sebuah folder. Jika Anda ingin, di dalam folder yang akan dibuat zip tersebut juga dapat Anda isi dengan folder lainnya. 
  4. Rubahlah nama folder yang akan dibuat menjadi zip tadi dengan nama yang diinginkan.
  5. Selanjutnya klik kanan pada bagian folder dan nanti Anda cukupfile zip  mengarahkan kursor ke pilihan “send to”.
  6. Berikutnya Anda akan membuka submenu yang baru dan melanjutkannya dengan memilih “Compressed (zipped) folder”.
  7. Cara lainnya juga dapat dilakukan dengan memilih beberapa berkas yang ada di explorer berkas.
  8. Klik kanan di salah satu berkas yang diinginkan seperti yang sudah disebutkan diatas. Nantinya berkas zip tersebut akan berisikan file yang telah dipilih. Apabila Anda memasukkan banyak berkas, proses pembuatan zip juga akan memakan waktu yang cukup lama. 
  9. Jika prosesnya sudah selesai, zip akan muncul di tempat yang sama seperti Anda menyimpan file yang berisikan folder asli. 
  10. Menggunakan ponsel android
  1. Sebelum membuatnya, Anda harus mendownload aplikasi tambahan yang bernama RAR
  2. Setelah sukses di download dan di install, buka aplikasi tersebut
  3. Carilah file atau folder yang ingin dirubah ke zip. Jika ingin, Anda dapat memilih beberapa file sekaligus untuk dimasukkan dalam satu folder yang dirubah menjadi zip. Anda cukup mencentang file yang ingin dimasukkan ke zip. 
  4. Rename file zip tersebut dengan nama yang diinginkan
  5. Selanjutnya Anda bisa mencari lokasi peletakkan file zip yang sudah jadi nanti dan pilih zip
  6. Jika Anda butuh privasi di file zip yang dibuat, Anda dapat menambahkan password agar tidak sembarangan orang dapat membukanya. Namun jika Anda tidak menginginkannya, abaikan saja pilihan tersebut. Selanjutnya tinggal klik ok dan selesai. 

Baca Juga  Beginilah Cara Memformat Kartu SD Melalui Smartphone atau Laptop/PC

Cukup simple dan mudah bukan? Selain cara diatas, masih ada juga langkah simple lain yaitu cara membuat file zip di android tanpa aplikasi. Hal ini cukup mudah juga untuk dicoba tanpa harus mendownload aplikasi. Semoga informasi ini berguna dan membantu Anda.