Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Cepat dan Alami

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Cepat dan Alami

lebiez.com – Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Meskipun di apotek banyak dijual berbagai merk obat batuk, namun sebelum menggunakan obat yang mengandung bahan kimia sebaiknya Anda coba pengobatan alami terlebih dahulu. Selain aman bagi kesehatan juga tidak memberikan efek samping bagi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 

Berikut ini akan dibahas mengenai cara mengatasi batuk berdahak dengan bahan-bahan tradisional yang aman dan mudah didapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

 

Bahan-Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Batuk

Sebelum Anda mencoba obat dokter, Anda dapat mencoba obat alami untuk meringankan gejala batuk yang disebabkan infeksi saluran pernapasan seperti flu, pilek, radang tenggorokan hingga hidung tersumbat.  Beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan batuk, diantaranya adalah: 

  • Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sangat mujarab untuk mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk batuk. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki kandungan yang cukup efektif untuk menyembuhkan batuk jika dikonsumsi secara rutin. Zat analgesik di dalam madu berfungsi untuk meredakan batuk kering dan juga batuk berdahak. 

 

  • Jahe

Jahe yang diseduh dengan air panas atau dimasukkan ke dalam teh cukup efektif untuk meredakan batuk. Kandungan antivirus dan antibakteri yang terdapat pada jahe mampu meningkatkan imun tubuh, sehingga dapat melawan infeksi secara cepat di saluran pernapasan. 

 

Selain memberikan sensasi hangat pada tenggorokan juga berfungsi untuk merenggangkan otot-otot tubuh yang tegang.

 

  • Lemon

Selain madu dan jahe, lemon juga terbukti ampuh untuk mengatasi batuk.  Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon berfungsi sebagai asupan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi yang terjadi pada saluran napas yang menyebabkan batuk.

 

Cara mengkonsumsinya, Anda bisa memasukkan perasan air lemon ke dalam air hangat atau teh. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya. Untuk hasil maksimal, maka harus dilakukan dengan rutin 2 kali sehari, pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

 

  • Kunyit

Gejala batuk yang terjadi secara terus menerus dapat diatasi dengan kunyit. Kandungan curcumin yang ada dalam kunyit memiliki sifat antiradang. Senyawa tersebut cukup efektif untuk menyembuhkan batuk karena memiliki zat ainti radang. Dengan begitu senyawa tersebut mampu melawan partikel-partikel asing yang mengganggu sistem pernapasan. 

 

Cara mengkonsumsinya, Anda bisa menghaluskan kunyit dan mencampurkan ke dalam susu atau teh panas. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya setelah mengkonsumsi kunyit untuk tidak langsung minum air mineral. Karena air mineral bisa menghambat kinerja senyawa anti inflamasi yang terdapat pada kunyit.

 

Jadi, jika Anda mengalami batuk maka tidak perlu khawatir lagi. Karena Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi batuk berdahak yang telah dibahas di atas. Dengan melakukan perawatan mandiri secara konsisten, maka akan memberikan hasil yang efektif.